Blog Bisnis Dan Keuangan

Blog Bisnis Dan Keuangan Terlengkap

ASEAN Perkuat Koordinasi Atasi Isu Kawasan dan Stabilitas Ekonomi

Jakarta – Pertemuan ASEAN Finance and Central Bank Deputies Meeting – Working Group (AFCDM-WG) and Its Related Meetings telah digelar di Yogyakarta pada 10-14 Juli 2023. Dalam pertemuan ini negara Asean sepakat untuk meningkatkan upaya kolektif untuk atasi isu kawasan dan menjaga stabilitas ekonomi.

“Partisipasi ini (kehadiran Timor Leste) telah diamanatkan oleh para Pemimpin dan Dewan ASEAN Economic Community (AEC). Atas nama semua anggota ASEAN, saya dengan hangat menyambut Timor-Leste dalam pertemuan kita hari ini,” ungkap Kepala Pusat Kebijakan Regional dan Bilateral Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Yogi Rahmayanti dikutip 18 Juli 2023.

Beberapa agenda pada pertemuan tersebut antara lain pembahasan progres kerja sama ASEAN Chair Priorities 2023, Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN, Peta Jalan untuk Integrasi Moneter dan Keuangan ASEAN, serta kerja sama keuangan ASEAN.

Baca juga: ASEAN Perkuat Konektivitas Pembayaran Regional dan Transaksi Mata Uang Lokal

Terdapat dua belas pertemuan yang meliputi pertemuan utama dan pertemuan pendukung seperti Seminar Implementasi Pendanaan dan Asuransi Risiko Bencana dan Implementasi Perlindungan Sosial Adaptif di Indonesia, Seminar Kolaborasi Sektor Keuangan dan Pertanian untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan ASEAN dan Steering Committee for Capacity Building (SCCB) Meeting ke-24.

Seluruh pertemuan itu merupakan bagian dari perjalanan proses kerja sama negara anggota ASEAN selama setahun penuh. Hasil diskusi pada pertemuan itu kemudian akan disampaikan pada ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governors’ Meeting (AFMGM) yang kedua pada Agustus 2023 mendatang, yang akan bertempat di Jakarta. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *